Budidaya Cabai dalam POT

No Comments

budidaya cabai dalam pot
Foto : Budidaya Cabai

Budidaya Cabai dalam POT.- Siapa yang tidak kenal dengan jenis sayuran yang satu ini ? hamper setiap masakan menggunakan sayuran jenis ini yaitu cabai. Si kecil yang memberikan sensasi pedas di mulut. Bila kita ingin menanam sendiri dirumah kita dapat memanfaatkan media pot. Budidaya Cabai dalam POT  dapat kita lakukan meskipun dalam tempat yang terbatas. Cabai dalam pot tak ada salahnya  kita coba untuk hoby ataupun melepas lelah setelah bekerja, bahkan bias kita geluti untuk menghasilkan uang. Mari kita simak bersama cara Budidaya Cabai dalam POT  berikut ini :

    1.  Mempersiapkan Bibit

               Persiapan bibit dapat kita lakukan dengan cara Memilih buah cabai yang sehat, lebih besar dari yang lainya dan matang sempurna ditandai dengan warna yang memerah. Kemudian kita buang bagian pangkal dan ujungnya. Sayat bagian buah yang tersisa kemudian kita ambil bijinya. Lalu kita jemur ditempat yang tidak terkena sinar matahari langsung selama tiga hari hingga mongering sempurna.
          2.  Penyemaian Benih
               Rendam benih yang telah kita siapkan tani dengan air hangat selama kurang lebih 30 menit. Setelah kita rendam dengan air hangat selanjutnya kita rendam dengan perangsang akar selama sehari semalam. Benih yang mengapung harus kita buang yang menandakan benih tersebut kurang sempurna sedangkan benih yang tenggelam kita bungkus dengan kain basah dan biarkan sehari semalam. Siapkan media semai berupa tanah gembur yang dicampuri pupuk kandang dengan perbandingan 1:1 dan dimasukkan ke dalam plastic es bediameter 3-5 cm dan tinggi 6cm serta diberi lubang secukupnya.
               Semaikan benih satu persatu lalu tutup kembali dengan media tanah tipis saja agar benih tidak terlihat. Jangan lupa untuk selalu menjaga kelembapan dan waspada terhadap semut yang sering melakukan pencurian benih
 3. Penanaman
Setelah benih tadi sudah tumbuh, tahap selanjutnya kita persiapkan media untuk BUDIDAYA Cabai berupa POT  atau POLYBAG yang memiliki diameter 30 cm dengan media tanam terdiri dari tanah gembur kompos dan pupuk kandang.  Bibit yang ditanam minimal memiliki empat daun sempurna, sehat dan pertumbuhanya bagus.
Cara Penanamanya :
-          Buat lubang ditengan media, kira kira lebih besar dari media bibit
-          Buka plastic bibit dengan cara mendorong dari bawah dan jari menggenggam bagian atas dan harus berhati hati jangan sampai rusak susunan media bibit tersebut.
-          Masukan bibit kedalam lubang yang telah dibuat tadi
-          Tutup media bibit dengan media bekas pembuatan lubang tadi.
-          Perlu kita beri pelindung dari pelepah pisang atau apapun dan disungkupkan menutupi bibit apabila berada pada saat cuaca panas.
4.       Perawatan Tanaman Cabai
Penyiraman kita lakukan secara rutin setiap pagi dan sore, kecuali pada musim hujan. Tanaman diberi pupuk perangsang tumbuh ketika tanaman berusia 7 hari sampai keluar bunga. Lakukan perempelan daun daun tua, bunga pertama dan seluruh tunas yang muncul dari ketiak daun dibawah percabangan pertama. Mencegah serangan hama maupun penyakit seta pencabutan tanaman liar dimedia tanam sekaligus dengan menggemburkan medianya.

Jika dibandingkan dengan BUDIDAYA CABAI pada bedengan tanah, penyemaian dengan media polybag atau pot ini lebih menguntungkan serta mengurangi resiko kematian bibit muda yang dipindah dari media bibit.  Mungkin ini sebagian dari inspirasi singkat yang dapat saya sampaikan, semoga dapat menambah wawasan serta inovasi baru kawan kawan dalam dunia pertanian kususnya AGRIBISNIS BUDIDAYA CABAI.