Budidaya Ikan Gurami

No Comments

Budidaya Ikan Gurami 

   Banyak Alternatif usaha yang bisa kita kembangkan sebagai tambahan penghasilan maupun pendapatan yang menjanjikan. Meskipun ikan gurami merupakan ikan yang paling mudah dibudidayakan, tetapi juga memiliki prospek yang sangat menjanjikan di masa depan. Sudah Banyak pembudidaya ikan gurami yang terlebih dahulu sukses lantaran ikan gurami ini mampu menghasilkan keuntungan lebih dari 100% setiap kali panen.
  Budidaya ikan Gurami adalah budidaya yang sangat menjanjikan dengan pasaran atau harga yang relatif stabil bahkan terus meningkat. Sedangkan pasokan ikan gurami yang ada belum mencukupi. Apalagi pada saat ini petani ikan gurami atau pembudidaya gurami masih terbilang sedikiti padahal kebutuhan semakin meningkat. Ikan gurami terkenal karena rasanya yang nikmat dan harganya yang terbulang cukup mahal dibandingkan dengan jenis ikan air tawar lainnya. namun hal ini ternyata tidak menyurutkan permintaan pasar yang selalu meningkat hampir 30% setiap tahunnya.
   Nah,, Bagi kawan kawan yang merasa tertarik untuk menjalankan usaha budidaya ikan gurami tidak lah sulit namun prospek kedepan dan keuntungan bisa lebih dari 100% dengan manajemen yang baik.
budidaya ikan gurami
Photo by wikipedia

1. Kiat Sukses Budidaya ikan Gurami
Untuk memulai usaha budidaya ikan Gurami, maka ada beberapa hal yang perlu diperhatikan seperti halnya sebagai berikut.
  • Mempersiapkan kolam, boleh dengan kolam tanah atau beton maupun dengan kolam terpal, dengan luas yang cukup untuk menampung semua bibit ikan Gurami. Luas kolam dan jumlah bibit ikan gurami yang di tebar perlu dipertimbangkan dengan baik, sebab banyak kegagalan dialami oleh para budidaya ikan gurami karena mereka tidak memperkirakan jumlah bibit yang sesuai dengan luas kolam. 
  • Setelah kolam ikan Gurami sudah siap, langkah selanjutnya adalah mengisi kolam dengan ikan gurami, akan tetapi sebelum ikan gurami dimasukkan perlu dipastikan terlebih dahulu kolam dalam kondisi bersih dari penyakit dan zat-zat berbahaya. Pastikan juga ikan gurami yang akan dibudidayakan tidak mengandung bibit penyakit. Jika ada guramih yang terkena penyakit perlu dikarantina terlebih dahulu sebelum dimasukkan ke dalam kolam.
  • Penebaran benih gurami Sebelum benih ditebar perlu diadaptasikan, dengan tujuan agar benih ikan gurami tidak dalam kondisi stres saat berada dalam kolam. Cara adaptasi : benih gurami yang masih terbungkus dalam plastik yang masih tertutup rapat dimasukan kedalam kolam, biarkan sampai dinding plastik mengembun. Ini tandanya air kolam dan air dalam plastik sudah sama suhunya, setelah itu dibuka plastiknya dan air dalam kolam masukkan sedikit demi sedikit kedalam plastik tempat benih sampai benih terlihat dalam kondisi baik. Selanjutnya benih gurame ditebar/dilepaskan dalam kolam secara perlahan-lahan.
  • ikan gurami merupakan jenis ikan pemakan tumbuhan (herbivora). akan tetapi Ketika pada ukuran benih ikan gurami bersifat carnivora, maka jenis pakan yang diberikan pada waktu gurami ukuran benih yaitu berupa kutu air (Daphnia), cacing sutra. Sifat herbivora pada ikan gurami yaitu terjadi ketika ikan gurami telah dewasa.  Makanan pokok ikan gurami berupa pelet yang dapat diatur gizinya, namun di daerah yang agak sulit memperoleh pelet, daun-daunan merupakan alternatif yang sangat baik untuk dijadikan makanan ikan gurami. Ikan gurami  diberi makan 2 kali dalam sehari dengan pellet dengan kandungan protein 25% sampai dengan 30 %. Frekuensi pemberian makan lebih baik dalam frekuensi yang banyak tetapi dalam jumlah sedikit-sedikit daripada dalam frekuensi sedikit tetapi jumlahnya banyak
  • Mengetahui bagaimana  cara yang benar terkait cara mengeringkan kolam untuk memastikan hawa dan penyakit mati, cara penebaran bibit ikan gurami serta mempersiapkan seluruh peralatan dan perlengkapan yang dibutuhkan untuk proses budidaya seperti pompa air, termometer, lampu panas, dam lainnya adalah hal wajib yang harus kita lakukan sebelum terjun memulai budidaya.
2. Manajemen budidaya ikan gurami untuk menjamin keberhasilan usaha
     Manajemen usaha yang harus kita lakukan untuk menjamin keberhasilan usaha budidaya ikan gurami adalah sebagai berikut :
  • memberikan pakan utama ikan gurami secara teratur setiap hari. namun, jika kesulitan memperoleh pakan utama ikan gurame pelet, sebagai gantinya dapan diberikan daun daunan semisal daun pepaya, daun kangkung, daun ketela, daun ubi jalar, daun mentimun dan lain sebagainya.
  • Memberikan tambahan obat obatan sebagai vitamin bagi ikan gurami untuk mencegah berbagai penyakit.
  • melakukan penggantian air setiap bulan untuk menghindari ikan gurami dari kematian akibat dari tidak bisa bernafas di air yang keruh.
  • menjaga kolam dari gangguan binatang binatang pemangsa seperti ular, biawak,katak dan lain sebagainya. sebab, jumlah ikan yang dibudidaya didalam kolam dapat berkurang akibat gangguan dari binatang binatang tersebut.
  • apabila panen, maka sebisa mungkin kita harus mengusahakan adar ikan gurami yang ditangkap bisa hidup sampai ke tangan pengepul atau pembeli. sebab harga ikan yang masih hidup bisa menjadi lebih mahal sehingga keuntungan yang maksimal pun dapat kita dapatkan.
      Demikian segenap tips sukses dalam Budidaya Ikan Gurami yang kini menjadi Agrobisnis yang menjanjikan baik sekarang maupun masa depan. semoga bermanfaat dan jangan lupa baca artikel kita yang lain..